-->

Iklan

Tips Agar Tidak Mudah Lupa dalam Belajar

Alfailmu.com - Tentu tidak jarang di antara kita pernah mengalami ketika ingin mengingat sesuatu yang sudah pernah diingat atau sudah terhafal. Namun, tiba-tiba saja kita lupa terhadap ingatan tersebut. Bayangkan seberapa icah (kesal) kita pada diri sendiri. 

Tips Agar Tidak Mudah Lupa dalam Belajar

Tips Agar Tidak Mudah Lupa dalam Belajar

Namun, hakikatnya hal tersebut menjadi fitrah bagi manusia bila tidak ingin kehilangan sesuatu yang penting, terlebih pada sesuatu yang diusahakan untuk diingat seperti hafalan ilmu atau qur'an.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka kali ini penulis akan menuliskan beberapa tips agar tidak mudah lupa sebagaimana yang telah dipraktekkan oleh para ulama dan salaf as-shalif masa dahulu. 

Namun, sebelumnya perlu kita pahami bahwa sebenarnya tips agar tidak lupa adalah dengan menjauhi hal-hal yang dapat membuat kita cepat lupa. Berikut penulis kutip dari tulisan Syeikh az-Zarnuji dalam kitabnya Ta'lim al-Muta'allim tentang penyebab-penyebab yang dapat membuat kita cepat lupa.

1. Maksiat dan Banyak dosa

Tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan banyak maksiat dan banyak dosa menjadi sebab paling besar yang membuat seseorang cepat lupa dan jauh dari Allah Ta'ala. Hal ini senada sebagaimana yang telah diriwayatkan dari kalam Imam as-Syafi'i:

شكوت إلى وقيع سوء حفظي، فأرشدني إلى ترك المعاصى فإن الحفظ فضل من إله وفضل إله فضل الله لا يعطى لعاصى
"Aku curhat kepada guru ku Waqi' tentang jeleknya hafalanku, maka beliau memberitahu ku agar meninggalkan maksiat, karena hafalan itu merupakan karunia dari tuhan, dan karunia tuhan merupakan karunia dari Allah SWT, dan karunia dari Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat.

Dalam referensi kitab-kitab fiqh disebutkan bahwa salah satu yang dilarang dalam agama adalah melihat aurat orang lain, karena hal tersebut dapat menghilangkan hafalan dan cepat lupa. Jadi, jangan melakukan maksiat dan perbuatan dosa, jika pun sedang dalam maksiat, maka segera tinggalkan dan meminta ampun serta bertaubat kepada  Allah agar dimudahkan dalam menghafal dan tidak cepat lupa.

2. Banyak angan-angan

Angan-angan adalah bentuk pemikiran terhadap sesuatu yang tidak penting, tidak ada langkah dalam mewujudkannya, biasa terjadi kala kita sedang termenung dan ada kegiatan apapun. Nyatanya dengan memikirkan sesuatu yang tidak penting, maka secara otomatis akan menghapus bagian penting dalam ingatan kita.

Namun, berbeda dengan cita-cita, maka hal tersebut merupakan bagian dalam perintah agama. Seperti gantunglah cita-citamu setinggi langit, sebagai contoh.

3. Banyak gundah dan sibuk pada urusan dunia

Dalam hal ini 'dunia' adalah apapun yang tidak memiliki manfaat untuk akhirat. Maka jelas dengan terus memikirkan dan menyibukkan diri pada urusan yang tidak ada manfaatnya bagi akhirat bisa menjadikan seseorang cepat lupa.

Mirip dengan pembahasan di atas, yaitu sibuk berfikir dan melakukan sesuatu yang tidak penting, maka akan menghapus bagian yang penting itu sendiri. Secara khusus, Syeikh az-Zarnuji menambahkan hal-hal yang dapat yang membuat seseorang cepat lupa pada ilmu, yaitu:
  1. Memakan ketumbar yang Basah
  2. Makan Apel yang Asam
  3. Memperhatikan sesuatu yang disalib
  4. Membaca tulisan pada Nisan Kuburan
  5. Melewati diantara lorong unta
  6. Mencampak kutu yang masih hidup ke tanah
  7. Bekam pada bagian paha
Setelah mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan cepat lupa dan menghilangkan hafalan, maka cukuplah kita menjauhinya agar tidak cepat lupa. Semoga Allah berikan kita kemudahan dalam ilmu, mudah dalam menghafal serta tidak cepat lupa, amin. Wallahu a'lam

Sumber:
Syeikh az-Zarnuji, Ta'lim al-Muta'allim, (Surabaya: Al-Haramain Jaya, t.th), h. 42-43.

1 Response to "Tips Agar Tidak Mudah Lupa dalam Belajar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel