-->

Efektivitas Pembelajaran pada Kelas Inti di Dayah

Alfailmu.com - Abstrak Skripsi, Efektivitas Pembelajaran pada Kelas Inti di Dayah Mabdaul 'Ulum Al-Aziziyah Banda Aceh.


efektivitas pembelajaran pada kelas Inti di dayah
Gambar: Proses pembelajaran pada Kelas Inti di Dayah Mabdaul 'Ulum Banda Aceh

Efektivitas Pembelajaran pada Kelas Inti di Dayah Mabdaul ‘Ulum Al-Aziziyah Banda Aceh

Dayah sebagai lembaga pendidikan tertua di Aceh dengan tujuan islaminya terus tampil dan tetap mengikuti perkembangan zaman. Salah satu bentuk mengikuti perkembangan zaman adalah dengan pengadaan program kelas inti di beberapa dayah. Termasuk salah satunya yang mengadobsi program kelas inti tersebut adalah dayah Mabdaul ‘Ulum Al-Aziziyah.

Permasalahannya adalah apakah program kelas inti tersebut bisa efektif seperti pada tempat-tempat pendidikan umum/formal atau tidak, jika tidak efektif untuk apa diselenggarakan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apakah pembelajaran pada Kelas Inti di Dayah Mabdaul ‘Ulum Al-Aziziyah Lamteumen Timur Banda Aceh berjalan dengan efektif?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis kuantitatif

Data diperoleh melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh melaui angket dianalisis dengan teknik kuantitatif menggunakan rumus efektivitas yang dikemukakan oleh Sugiyono. Sedangkan data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi ditulis apa adanya yang kemudian diambil kesimpulannya. Hasil penelitian berdasarkan total persentase efektitivitas pembelajaran sebesar 79,3%, hasil wawancara dengan pimpinan dayah sekaligus guru pada kelas inti, serta dokumentasi terhadap hasil belajar santri, menunjukkan pembelajaran pada Kelas Inti di Dayah Mabdaul ‘Ulum Al-Aziziyah sudah berjalan dengan baik dan efektif.

0 Response To "Efektivitas Pembelajaran pada Kelas Inti di Dayah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel