-->

Iklan

Artikel: Kawasan Teknologi Pembelajaran PAI

Artikel Tentang Kawasan Teknologi Pembelajaran

Alfailmu.com - Domain atau kawasan berarti wilayah daerah kekuasaan atau bidang kajian. Adapun Teknologi Pendidikan (TP) sebagai teori dan praktik secara faktual yang telah menjadi bagian integral dari upaya pengembangan sumber daya manusia khususnya pada sistem pendidikan dan pelatihan. Idealnya setiap teknologi pendidikan, pembelajaran terutama yang memperoleh pendidikan akademik perlu menguasai beberapa kawasan teknologi pendidikan. (Harjali, 2000: 45)


Kawasan Teknologi Pembelajaran
Sumber Ilustrasi: fatkhan.web.id


Berdasarkan sifat taksonomi dari struktur kawasan. Tujuan utama dalam membuat suatu taksonomi adalah untuk mempermudah komunikasi. (Bloom, 1956 : 10-11). Sehingga pesatnya perubahan dan penyesuaian teknologi menuntut terjadinya alih pengetahuan dari teknologi yang satu kepada yang lain. Dengan mengidentifikasi lingkup taksonomi, kaum akademisi dan para praktisi  dapat memecahkan permasalahan penelitian, dan para praktisi bersama dengan para teoritisi dapat mengidentifikasi kelemahan teori dalam menunjang dan meramalkan aplikasi Teknologi Pembelajaran.

Menurut AECT 1994 Kawasan Teknologi Pendidikan meliputi Kawasan Desain, Kawasan Pengembangan, Kawasan Pemanfaatan, Kawasan Pengelolaan, dan Kawasan Penilaian. (Warsita Bambang,  2008: 25) Hubungan antar kawasan tersebut saling melengkapi satu sama lain serta bersifat sinergik. Misalnya seorang praktisi yang bekerja dalam kawasan pengembangan menggunakan teori dari kawasan desain, seperti teori desain sistem pembelajaran dan desain pesan. Hubungan kawasan dalam bidang bersifat saling memberikan kontribusi terhadap kawasan yang lain.

Dalam praktek pembelajaran PAI itu sendiri, pengaplikasian kawasan TP terbukti berhasil seperti halnya kawasan desain menghasilkan pengembangan kurikulum PAI, kawasan pemanfaatan menghasilkan media pembelajaran PAI, dan kawasan penilaian yang dimanfaatkan dalam evaluasi pembelajaran PAI. Sedangkan kawasan-kawasan yang lain belum ditemukan pemakaiannya secara konkret dalam PAI.

Referensi: 
  1. Harjali, Teknologi Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2000), hal. 45.
  2. Bloom, Benjamin S, Taxonomy of Educational Objectives: The Classificationm of Educational Goals, (London: David McKay Company, 1956), hal. 10-11.
  3. Bambang, Warsita, Teknologi Pembelajaran dan Landasan Aplikasinya, (Jakarta: Rieneka Cipta, 2008), hal. 25.

0 Response To "Artikel: Kawasan Teknologi Pembelajaran PAI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel