-->

Keuniversalan Makna Sukses

Alfailmu.com - Kita semua pasti pernah merasakan stagnan di tengah jalan, bingung mau berbuat apa, begini salah, begitu salah, serba salah pokoknya, dan kebanyakan kita merasakannya saat lulus dari SMA, atau menjelang memasuki umur 20 tahun, sebenarnya itu adalah proses mencari dan pembentukan jati diri kita sendiri jadi lewati saja, nikmati saja.

keuniversalan makna sukses
Gambar: travel.tribunnews.com

Sukses itu relatif, ada yang mengatakan sukses itu saat punya mobil dan kerja tetap, atau memberangkatkan ibadah haji untuk orang tua, atau kuliah di kampus favorit, atau berhasil menyatakan cinta untuk orang yang kita suka, itu semua sukses menurut pandangan setiap manusia, jadi beda-beda. Bagi saya sukses itu saat saya tidak berhenti untuk kepo (ingin tahu) dan terus berfikir sampai menemukan jawabannya, sampai memperoleh hakikatnya. Itu sukses menurut saya. 

Uang itu kita dapatkan tapi besok malah kita belanjakan, nah bagaimana caranya biar uang itu tetap ada pada kita, bila kita tabung, uang itu hanya kita simpan dan tidak kita gunakan, jadi sama aja kita seperti tidak menikmati uang, atau uang itu kita belanjakan saja, pasti suatu saat akan habis. Maka uang itu semestinya kita investasikan, pergunakan untuk bisnis HNI misalnya, atau menginvestasikan menjadi tanah dan lahan perkebunan misalnya, itu baik, karena kita bisa menikmati uang tersebut tanpa takut habis, tentu saja kita investasikan untuk diri kita kelak dengan bersedekah. 

Sama seperti hidup kita, hidup itu adalah rezeki, nafas juga rezeki, sehat juga rezeki, apa sih yang bukan rezeki dalam hidup kita? Nah biar rezeki terus mengalir ya kita investasikan rezeki tersebut, dengan bersyukur, menggunakan waktu dengan sebaik mungkin, menerima apa yang ada dan tidak meminta yang tidak ada, bila kita menginvestasikannya otomatis rezeki itu tidak akan habis.

Jadi, jikalau kita mau kuliah di Mesir, di Saudi, tetapi dapat undangannya ke Iran atau ke malaysia, ya terima saja. Siapa tahu Iran dan Malaysia itu adalah batu loncatan dan wasilah kita bisa kuliah di Mesir. Yang penting "لا تقنطوا من رحمة الله", (janganlah berputus asa dari rahmat Allah SWT). Jadi jemputlah rezeki dan rahmat Allah yang ada, karena rezeki itu sudah ada tinggal kita jemput, tidak usah bersusah payah mencari. (Dzikry Al-Jihad, Al-Mustafa International University, Gorgan, Iran)

0 Response To "Keuniversalan Makna Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel