-->

Artikel: Strategi Teknologi Pembelajaran

Artikel Teknologi Pembelajaran tentang Strategi Teknologi Pembelajaran

                                                                                                                                                          
Alfailmu.com - Secara umum, strategi dipahami sebagai cara melakukan sesuatu. Strategi pembelajaran merupakan cara melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Dengan kata lain, strategi pembelajaran adalah prosedur yang dipilih untuk membantu peserta didik mencapai tujuan atau menginternalisasi konten (Smaldino, dkk, 2014: 23). Strategi pembelajaran berkaitan dengan media dan teknologi bahkan dipandang menjadi bagian yang integral dalam penerapan strategi pembelajaran.

Strategi Teknologi Pembelajaran
Sumber: duniapgmi.com


Menurut Mansur (1991), terdapat empat konsep dasar strategi pembelajaran, yaitu yang pertama mengidentifikasi serta menetapkan tingkah laku dari kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan sesuai tuntutan dan perubahan zaman. Kedua mempertimbangkan dan memilih sistem belajar mengajar yang tepat untuk mencapai sasaran yang akurat. Ketiga memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan guru dalam menunaikan kegiatan mengajar. Dan yang terakhir Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman bagi guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik untuk penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan. (Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, 2003: 73)

Ada enam macam strategi pembelajaran dalam teknologi pendidikan, yaitu Strategi pembelajaran Ekspositori, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Strategi pembelajaran kontekstual (Contextual teachig learning), Strategi pembelajaran afek, Strategi pembelajaran kooperatif, dan Strategi peningkatan kemampuan berfikir. (Paturrohmah, dkk , 2007: 133)


Daftar Referensi:
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pusaka Setia, 2003)
Paturrohmah, dkk, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Refika Aditama, 2007)

0 Response To "Artikel: Strategi Teknologi Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel