Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengherankan, Inilah 10 Hewan yang Masuk Surga!

Alfailmu.comSalah satu bentuk keadilan Allah Ta'ala adalah menciptakan surga untuk orang beriman dan bertakwa kepada-Nya. Bukan hanya dihuni oleh manusia, karena alasan tertentu ternyata hewan juga ada yang dimasukkan ke dalam surga, lhoe.

Disebutkan di dalam satu hadis bahwa pada hari kiamat semua makhluk akan berdiri mengantri untuk menunggu persidangan dari Allah SWT. Tidak hanya manusia dan jin, hewan juga akan menunggu persidangan tersebut, baik hewan jinak, maupun hewan buas. Setelah selesai maka Allah firmankan kepada semua hewan, "Jadilah tanah!". 

Nah, yang mengherankan adalah sekalipun semua hewan setelah disidangkan menjadi tanah, tetapi ada qaul (pendapat) ulama menyebutkan bahwa ada 10 hewan setelah disidangkan kemudian Allah masukkan ke dalam surga. Penasaran, bukan? Yuk, simak dan hafal daftar hewan-hewan yang masuk surga berikut ini!
  1. Unta Nabi Shaleh a.s
  2. Sapi Nabi Ibrahim a.s
  3. Kibas sebagai ganti dari Nabi Ismail a.s kala di qurbankan
  4. Sapi Nabi Musa a.s
  5. Ikan Nun yang menelan Nabi Yunus a.s
  6. Keledai Sayyidina 'Uzair a.s
  7. Semut yang melintas di depan Pasukan Nabi Sulaiman a.s
  8. Burung Hud-Hud Nabi Sulaiman a.s, pembawa berita untuk Ratu Bulqis
  9. Unta Nabi Muhammad SAW
  10. Anjing Ahlul (Ashabul) Kahfi
Semua hewan yang disebutkan di atas, Allah masukkan ke dalam surga dalam bentuk aslinya, kecuali anjing Ashabul Kahfi. Anjing tersebut Allah rubah bentuknya menjadi seekor kibas sebelum dimasukkan ke dalam surga.

Alasannya ialah karena seekor anjing asli tidak boleh masuk ke dalam surga. Setelah menjadi kibas, nama anjing Ashabul Kahfi tersebut berubah menjadi Tuwaram, ada yang mengatakan Qithmir, dan pula yang mengatakan namanya Hawban, sedangkan tubuhnya berwarna kuning.

Sumber:
Syeikh Ahmad bin Muhammad Yunus Langka, Terj: Daqaiq al-Akhbar fi Dzikr al-Jannah wa al-Nar, (Banda Aceh: Putera Aceh Jaya, t.th), h. 33 - 34.