Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Alfiyah Ibnu Malik, Kitab Nahwu Terpopuler PDF

Alfailmu.com - Kitab Alfiyah Ibnu Malik adalah salah satu kitab paling populer di bidang Ilmu Nahwu. Kitab ini dikarang oleh Abu Abdullah Muhammad Jamaluddin bin Abdullah bin Malik Al-Andalusi (w. 672 H) atau yang populer dengan nama Syeikh Ibnu Malik.

kitab alfiyah ibnu malik

Alasan penamaan kitab tersebut dengan nama 'Alfiyah Ibnu Malik' karena kitab ini berisi bait syair Ilmu Nahwu sebanyak seribu-an bait, tepatnya 1002 bait, maka disebut dengan Alfiyah (seribu-an). 

Sedangkan Ibnu Malik sendiri ialah menandakan beliau anak keturunan dari Malik Andalusia. Sehingga jadilah kitab seribu-an bait ini dan dikarang oleh anak keturunan Malik dengan nama Alfiyah Ibnu Malik.

Kitab Alfiyah Ibnu Malik, Kitab Nahwu Terpopuler

Kitab Alfiyah ini menjadi salah satu kitab yang mengupas literatur gramatika Arab (Ilmu Nahwu) paling fenomenal sepanjang masa. Semacam puncak klasmen ilmu tata bahasa Arab di pesantren baik yang tradisional maupun pesantren modern.

Kitab ini dihafal, dan biasanya dengan cara disenandungkan, serta dikaji secara mendalam di berbagai pesantren/dayah bahkan menjadi kitab primadona. Semua santri pasti mengenal kitab Nahwu yang satu ini. Bahkan saking hebatnya seorang santri belum bisa disebut santri apabila belum membaca kitab Alfiyah Ibnu Malik ini. keren sekali, bukan? 

Nah, spesialnya kitab Alfiyah yang penulis upload kali ini berbeda dengan kitab Alfiyah asalnya, iya karena kitab Alfiyah yang versi ini yang telah ditahqiq (dikomentari dan dikuatkan) oleh Syeikh Sulaiman bin Abdul Aziz Al-Uyuni dari Raiyadh, Saudi.

Supaya tambah semangat, simak rincian Kitab Kitab Alfiyah Ibnu Malik berikut!

Judul

: Alfiyah Ibnu Malik fi al-Nahwi wa al-Tashrif

Pengarang

: Abu Abdillah Muhammad Jamaluddin bin Abdullah bin Malik

Isi Kandungan

: Nahwu

Bahasa

: Arab

Format File

: PDF

Penerbit

: Darul Minhaj, Riyadh

Tahun Terbit

: 1428 H / 2006 M

Jumlah Hal

: 230 Halaman

Download Kitab Alfiyah Ibnu Malik (PDF)

Nah, buat teman-teman yang ingin download Kitab Alfiyah Ibnu Malik, silakan klik link di bawah ini!

Download via G-Drive [ Link 1 Link 2 Link 3 | Link 4 ]

Demikian sedikit ulasan dan link Download Kitab Kitab Alfiyah Ibnu Malik semoga bermanfaat buat semuanya, khususnya buat para santri di berbagai pesantren di Indonesia maupun dunia.