Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Matan Ghayah wa Taqrib Karangan Abi Syuja PDF

Alfailmu.com - Hai teman-teman para hunter download Kitab PDF, pada postingan kali ini yang berjudul Download Kitab Matan Ghayah wa Taqrib (PDF), kami telah menyiapkan sedikit ulasan dan link download kitab tersebut secara gratis. Tunggu apa lagi, cek it out!

kitab matan ghayah wa taqrib (متن الغاية والتقريب)
Kitab Matan Ghayah wa Taqrib

Kitab Matan Ghayah wa Taqrib adalah salah satu kitab paling populer di kalangan santri. Hingga bisa dipastikan bahwa tidak ada santri yang tidak kenal dengan kitab yang satu ini. Kitab Matan Ghayah wa Taqrib atau dikenal pula dengan Matan Abi Syuja ini merupakan kitab fiqih dasar yang dikarang oleh Al-Qadhi Ahmad bin al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani atau biasa kita kenal dengan panggilan Abi Syuja' (w. 593 H), seorang fuqaha asal Persia.

Dalam sebagian naskah, Kitab Matan Taqrib juga disebut dengan Ghayat al-Ikhtishar, yang bermakna 'sehabis-habis ringkas'. Iya, sesuai dengan sebutannya, kitab Matan Taqrib ini terhitung kitab yang sangat ringkas di bidang ilmu fiqih. Namun, walaupun kitab 'ringkas', kitab ini memiliki maksud yang sangat mendalam.

Hingga tak heran dengan satu kitab yang ringkas ini kemudian muncul banyak kitab syarah Matan Taqrib , bahkan hingga kitab Hasyiah. Ini menandakan, walaupun Kitab Matan Taqrib terlihat sederhana, tetapi perlu diperhatikan penjelasannya secara mendalam.

Lantas sebagai kitab pelajaran fiqih, apa saja pembahasan di dalamnya? Simak ulasan Kitab Matan Ghayah wa Taqrib Karangan Abi Syuja berikut!

Pembahasan Kitab Matan Ghayah wa Taqrib

Kitab Matan Taqrib merupakan kitab yang membahas ilmu fiqih. Oleh karena itu, dipastikan di dalamnya akan membahas seputar ibadah, muamalah, munakahat, hukum-hukum, dll. 

Kitab Matan Taqrib ini disusun berdasarkan sub-sub kitab dan di dalamnya ada turunan beberapa pasal, yang dimulai dengan Kitab Thaharah yang membahas tentang seputar bersuci, wudhu, tayamum, najis, dll. Dilanjutkan dengan Kitab Shalat, zakat, Jual beli serta berakhir dengan Kitab Jinayat.

Untuk lengkapnya, berikut rincian Kitab Matan Ghayah wa Taqrib Karangan Abi Syuja!

Judul

: Matan Al-Ghayah wa At-Taqrib

Pengarang

: Al-Qadhi Abi Syuja, Ahmad bin al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani

Isi Kandungan

: Fiqih

Bahasa

: Arab

Format File

: PDF

Penerbit

: Dar al-Masyari', Beirut, Lebanon

Tahun Terbit

: 1416 H / 1996 M (Cetakan Pertama)

Jumlah Hal

: 151 Halaman

Download Kitab Matan Ghayah wa Taqrib (PDF)

Untuk mengunduh Kitab Matan Ghayah wa Taqrib (PDF), silakan klik link di bawah ini!

Download via G-Drive [ Link 1 | Link 2 | Link 3 | Link 4 ]

Demikian keterangan dan sedikit ulasan tentang Kitab Matan Ghayah wa Taqrib Karangan Abi Syuja (PDF) yang bisa kami tulis, selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat semuanya.