Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Amalan dalam Bulan Safar, Doa Khusus Hingga Selawat

Alfailmu.com - Bulan Safar merupakan salah salah satu bulan dalam penanggalan Hijriyah. Bila dihitung dari urutannya, safar adalah adalah bulan kedua terhitung setelah Bulan Muharram. Tahun ini, 1 Safar 1443 jatuh pada hari Rabu, tanggal 08 September 2021.

amalan bulan safar
5 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan di Bulan Safar

Beberapa masyarakat awam percaya bahwa Bulan Safar adalah bulan kesialan dan penuh musibah. Sehingga di beberapa daerah di nusantara menggelar berbagai ibadah/kegiatan tertentu untuk menghindari bala tersebut. Namun, benar atau tidaknya kepercayaan tersebut akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Sebaliknya, sesuai dengan judul artikel di atas, di sini penulis akan berfokus pada membahas amalan-amalan di Bulan Safar. Langsung saja simak ulasan tentang 5 Amalan yang Bisa Kamu Lakukan di Bulan Safar berikut ini!

1. Membaca doa Bulan Safar

Di dalam Kitab Kanzun Najah Was Surur karangan Syeikh Abdul Hamid bin Muhammad Quds al-Makky, beliau menuqilkan dari perkataan orang-orang salafussaleh bahwa di akhir Rabu dari bulan Safar turun bencana besar.

Bahkan dalam pendapat ini disebutkan bahwa  seluruh bencana yang telah Allah takdirkan semuanya turun di hari Rabu tersebut. Berpijak atas pendapat ini maka untuk menghindari akibat buruk dari musibah agar setiap orang membaca doa di hari pertama dari bulan Safar, yaitu:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّ هٰذَا الزَّمَانِ وَأَهْلِهِ،

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah selalu memberi rahmat kepada Penghulu kami, Muhammad SAW dan sekalian keluarganya serta sahabat-sahabatnya semuanya. Aku berlindung kepada-Mu Ya Allah dari keburukan zaman ini dan isinya,

 وَأَسْأَلُكَ بِجَلَالِكَ وَجَلَالِ وَجْهِكَ وَكَمَالِ جَلَالِ قُدْسِكَ أَنْ تُجِيْرَنِيْ وَوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِيْ وَأَهْلِيْ وَأَحْبَابِيْ وَمَا تُحِيْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِيْ مِنْ شَرِّ هٰذِهِ السَّنَةِ،

Dan aku memohon dengan keagungan-Mu, keagungan Dzat-Mu, dan kesempurnaan keagungan kesucian-Mu, hendaknya Engkau melindungiku, kedua orang tuaku, anak-anakku, keluargaku, orang-orang yang aku cintai dan sesuatu yang diliputi kasih sayangku, dari keburukan tahun ini,

 وَقِنِيْ شَرَّ مَا قَضَيْتَ فِيْهَا، وَاصْرِفْ عَنِّيْ شَرَّ شَهْرِ صَفَرَ، يَا كَرِيْمَ النَّظَرِ، وَاخْتِمْ لِيْ فِيْ هٰذَا الشَّهْرِ وَالدَّهْرِ بِالسَّلَامَةِ وَالْعَافِيَةِ لِي

Dan lepaskanlah aku dari keburukan yang telah Engkau tetapkan di dalamnya. Palingkanlah dariku keburukan di bulan Safar, wahai Dzat Yang Memiliki Pandangan Yang Mulia. Akhirilah aku di bulan dan tahun ini dengan keselamatan dan kesehatan, untukku,

 وَلِوَالِدَيَّ وَأَوْلَادِيْ وَلِأَهْلِيْ وَمَا تَحُوْطُهُ شَفَقَةُ قَلْبِيْ وَجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bagi kedua orang tuaku, anak-anakku, keluargaku, dan sesuatu yang diliputi kasih sayangku dan  seluruh orang muslim. Semoga Allah selalu memberi rahmat dan keselamatan kepada Penghulu kami Muhammad SAW, dan keluarganya serta sahabatnya.

Ada juga beberapa doa lain yang juga dianjurkan secara khusus di baca di dalam Bulan Safar ini, tetapi karena terlalu panjang sehingga tidak kami cantumkan di sini. Namun, jika teman-teman pembaca penasaran bisa langsung membaca atau mendownloadnya di sini.

2. Banyak mengingat Allah SWT dengan berzikir

Zikir adalah satu ibadah yang tidak begitu terikat dengan syarat-syarat yang rumit, sehingga menjadikannya ibadah yang istimewa. Di antara keistimewaan zikir yaitu boleh dilakukan dalam berbagai keadaan, dalam keadaan duduk, berdiri, berjalan, dan berbaring.

Keutamaan zikir sangatlah banyak. Di antara keutamaan berzikir adalah dapat menenangkan hati. Sebagaimana firman Allah Swt:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Ar Ra’du: 28)

Berzikir sudah tentu mendatangkan pahala di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala, juga dapat memenuhi mizan (timbangan) di akhirat, artinya dengan zikir dapat memberatkan timbangan kebaikan di hari akhirat kelak. Rasulullah Saw bersabda:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ

Rasulullah shallallahu 'laihi wasallam bersabda: “Bersuci adalah setengah dari iman, alhamdulillah memenuhi timbangan, subhanallah dan alhamdulillah keduanya memenuhi, atau salah satunya memenuhi apa yang ada antara langit dan bumi ...” (HR. Imam Muslim)

Ada banyak jenis zikir dalam Islam, baik dari segi bacaan, seperti lailahaillah, alhamdulillah, subhanallah, allahu akbar, dan pula waktu pembacaan seperti zikir subuh, pagi, petang dan setelah salat. Yang ke semuanya tersebut memiliki keutamaannya masing-masing berdasarkan dari hadis Nabi, perkataan para sahabat dan keterangan para ulama.

Dan membaca Al Quran sendiri adalah zikir yang paling agung, tidak butuh metode khusus dan waktu, kapan saja boleh dibaca. Intinya dari apapun jenis dan nama zikir yang pasti tujuannya yang pokok adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan untuk menenangkan hati.

3. Memperbanyak Salat Sunah

Amalan kedua yang bisa dilakukan pada setiap waktu, termasuk pada bulan Safar adalah memperbanyak salat sunah.

Keutamaan dan fadhilah salat sunah pun tidak perlu diragukan lagi, sebut saja di antara contohnya adalah salat sunah fajar yang fadhilahnya bisa menjadikan seseorang menjadi orang yang paling kaya di dunia, yaitu dengan memperoleh keutamaan melebihi dunia dan sisinya. Sabda Rasulullah Saw:

حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى عَنْ سَعْدِ بْنِ هِشَامٍ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ الدُّنْيَا جَمِيعًا

Telah menceritakan kepada kami, Abdul Wahab dari Sa'id dari Qatadah dari Zurarah bin Aufa dari Sa'ad bin Hisyam, dari Aisyah bahwa Nabi shallaallahu alaihi wa sallam bersabda: “Dua raka'at fajar itu lebih baik dari pada semua dunia.” (HR. Imam Ahmad)

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ada banyak jenis dan nama dari shalat sunnah tersebut. Bahkan pembagiannya pun menjadi lebih spesifik. Sebut saja ada salat sunah muaqqad, seperti salat sunah tarawih dan istisqa'. Ada yang berwaktu seperti seperti salat sunah dan hari raya, Idul fitri dan Idul Adha.

Ada pula salat sunah yang berkaitan dengan salat fardhu, seperti salat sunah rawatib, qabliyah dan ba’diyah. Begitu pula salat-salat sunah yang tidak kaitannya dengan waktu dan sebab, seeprti salat sunah mutlak, dll.

4. Membaca Al Quran

Sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas, bahwa membaca Al Quran merupakan bagian zikir serta ibadah yang lain dianjurkan, apalagi sambil mempelajari isi kandungan yang terdapat dalam Al Quran. 

Yang paling menakjubkan dari amalan dengan membaca Quran adalah pahalanya yang luar biasa gandaanya. Rasulullah meneyebutkan dalam hadisnya bahwa hitungan pahala dari membaca Quran bukan dari per ayat, rubu, juz atau mengkhatamkannya, tetapi persatu huruf diberikan pahala 10 kebaikan, seperti Sabda Baginda Nabi Saw:

عَنْ أَيُّوبَ بْنِ مُوسَى قَال سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ كَعْبٍ الْقُرَظِيَّ قَال سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Dari Ayyub bin Musa ia berkata; Aku mendengar Muhammad bin Ka'ab Al Quradli berkata; Aku mendengar [Abdullah bin Mas'ud] berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Quran), maka baginya satu pahala kebaikan dan satu pahala kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali, aku tidak mengatakan ‘alif-laam-miim’ itu satu huruf, akan tetapi ‘alif’ satu huruf, ‘laam’ satu huruf dan ‘miim’ satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Dalam Al Quran sendiri Allah Swt menyebutkan bahwa membaca Al Quran pula menjadi investasi yang tidak akan rugi, firman-Nya:

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُوا۟ مِمَّا رَزَقْنَٰهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَٰرَةً لَّن تَبُورَ

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. (QS. Fathir: 29)

Selain mendapat pahala yang banyak di sisi Allah dengan membaca Quran, manfaat lain yang tak kalah hebatnya dari membaca Al Quran adalah dapat mengetahui pengamalan Islam dan Sumber Islam itu sendiri, yaitu Al Quranul Karim. Al Quran merupakan sumber Islam utama di atas hadis, Ijma’ dan Qiyas para Ulama.

5. Memperbanyak selawat kepada Rasulullah Saw

Berselawat kepada Rasulullah SAW merupakan salah satu amalan yang paling agung. Betapa tidak, karena selawat kepada Rasulullah Saw adalah satu-satunya ibadah yang Allah sendiri sebagai Tuhan hamba melakukannya, ia meskipun dengan maksud dan cara yang berbeda. Sebagaimana firman Allah Swt:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (QS. Al Ahzab: 56)  

Bayangkan, Allah sendiri selaku Tuhannya hamba berselawat kepada Nabi Muhammad Saw, betapa kita kita umat ya lupa atau tidak pernah berselawat kepada Baginda SAW?

Untuk pahalanya sendiri, berselawat kepada Rasulullah Saw juga tidak kalah banyak dengan amalan-amalan lain, sebagaimana sabda Nabi SAW:

أَخْبَرَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ قَالَ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ بُرَيْدِ بْنِ أَبِي مَرْيَمَ قَالَ حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Telah mengabarkan kepada kami, Ishaq bin Manshur, dia berkata; telah menceritakan kepada kami, Muhammad bin Yusuf, dia berkata; telah menceritakan kepada kami, Yunus bin Abu Ishaq dari Buraid bin Abu Maryam, dia berkata; telah menceritakan kepada kami, Anas bin Malik, dia berkata;

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa berselawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan selawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya.” (HR. Nasa’i)

Oleh, karena dengan keagungan selawat kepada Nabi Saw tersebut menjadi alasan (dalil) mengapa kita sebagai muslim harus memperbanyak selawat. Selainnya amalan dengan pahala yang berganda, juga sebagai bentuk cinta kita kepada junjungan alam, Sayyidina wa Nabiyyina Muhammad Saw.

Nah, itu dia beberapa Amalan yang bisa kamu lakukan di semua bulan, termasuk dalam bulan Safar ini, mulai dari doa bulan Safar hingga berselawat kepada Rasulullah Saaw. Dan tentunya masih banyak sekali amalan-amalan sunah lain yang bisa kerjakan dalam bulan ini. Beberapa amalan yang lain bisa kamu baca di ...., Cek it Out. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Amalan dalam Bulan Safar, Doa Khusus Hingga Selawat"