Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Tanbihul Mughtarrin Karangan Imam Sya'rani PDF

Alfailmu.com - Hai teman-teman para Hunter Kitab PDF, pada artikel kali ini kami akan mengulas sedikit tentang Kitab Tanbihul Mughtarrin dan tentunya tidak lupa kami terakan link download kitab tersebut secara gratis.

Kitab Tanbihul Mughtarrin merupakan salah satu Kitab Tasawuf  karangan Imam Abdul Wahab As-Sya'rani (898 - 973 H), seorang ulama tersohor dari kalangan Mazhab Syafi'i yang berasal dari Mesir. Kitab ini memiliki judul lengkap Tanbihul Mughtarrin Awakhiril Qarnil 'Asyiri 'Ala Ma Khalafu fihi Salafuhum at-Thahiri (Bahasa Arab: نبيه المغترين أواخر القرن العاشر على ما خالفوا فيه سلفهم الطاهر).

Pembahasan Kitab Tanbihul Mughtarrin

Bila dilihat dari judul kitab ini 'Tanbihul Mughtarrin' , yang berarti peringatan kepada mengingatkan orang-orang yang tertipu, terbuai di akhir abad ke-10 hijriyah terhadap apa yang mereka salahi dari para salaf mereka yang suci.

Artinya Al-Imam Kutub Rabbany, yaitu Abdul Wahab As-Sya’rani yang merupakan murid dari Syekhul Islam Zakaria Al-Anshari dan beliau juga sahabat semasa dengan Ibnu Hajar Al-Haytami, Imam Syamsuddin Ar-Ramli, dan Imam Khatib Syarbini, menulis kitab ini  untuk mengingatkan orang-orang yang terbuai di abad ke-10.

Sehingga yang menjadi pembahasan dalam Kitab Tanbihul Mughtarrin ini adalah peringatan-peringatan Imam Sya'rani terhadap orang yang hidup pada masa tersebut tentang sikap-sikap umat ketika itu yang banyak menyalahi prinsip-prinsip salaf mereka sebelumnya.

Ada banyak jenis tipuan yang dialami hamba kala itu hingga sekarang , di antaranya tertipu dengan ilmu, tertipu dengan ibadah, tertipu dengan nasab mulia dan dengan hal-hal yang lain, di mana semuanya tentu tidak akan mampu menyelamatkan tanpa memiliki sikap tazkiyatun nufus, hati yang bersih yang akan mengantarkan kita agar kita dekat dengan Allah SWT.

Oleh karena itu,Kitab Tanbihul Mughtarrin ini ditulis dengan tujuan untuk menyiapkan persiapan-persiapan agar dapat mengubah perilaku dan sikap kita, khususnya bagi mereka yang telah terbuai dengan tipuan-tipuan tadi. 

Dalam kitab ini pula memuat 41 akhlak salaf, sikap-sikap dan perilaku salaf yang mulai ditinggalkan orang-orang di masa sekarang, baik dari kalangan orang berilmu maupun orang-orang awam sekalipun. 

Jadi dengan membaca kitab ini mudah-mudahan akan membangun kita dati tidur panjang terlebih-lebih bagi mereka yang telah terbuai dengan adanya ilmu, terbuai dengan banyak ibadah, terbuai dengan nasab mulia, terbuai sebab tinggal di tempat mulia ini merupakan sebab para hamba tertipu, atau dalam kitab ini disebut dengan istilah ‘mughtarrin’ (Orang-orang yang tertipu).

Mudah-mudahan kita memohon kepada Allah dengan kita mengkaji kitab ini akan menyadarkan kita kembali, ternyata apa yang menghijabkan kita kepada Allah. Mudah-mudahan dengan ilmu yang ada dengan amal ibadah yang ada juga dengan kesalehan yang ada agar semua itu tidak menjadi hijab kita kepada Allah, dengan kesadaran mudah-mudahan akan mengantarkan kita menjadi hamba yang dekat dengan Allah hamba yang diterima oleh Allah dan juga diridai Rasul-Nya, amin.

Untuk lengkapnya, berikut rincian Kitab Tanbihul Mughtarrin Karangan Imam Sya'rani !

==================================================
Judul : Tanbih al-Mughtarrin Awakhir al-Qarn al-'Asyiri 'Ala Ma Khalafuw fihi Salafuhum al-Thahiri
Pengarang : Al Imam Al Quthub Abdul Wahab As Sya'rani
Isi Kandungan : Tasawuf -  Aqidah
Bahasa : Arab
Format File : PDF
Penerbit : Maktabah Tawfiqiyyah, Kairo, Mesir
Tahun Terbit : T.th
Jumlah Hal : 360 Halaman
==================================================

Download Kitab Tanbihul Mughtarrin PDF

Nah, buat teman-teman yang ingin mengunduh Kitab Tanbihul Mughtarrin PDF, tunggu apa lagi, langsung saja klik link download di bawah ini! Cek it out!

Download via G-Drive [ Link 1 Link 2 Link 3 | Link 4 ]

Demikian sedikit ulasan dan link downloadKitab Tanbihul Mughtarrin Karangan Imam Sya'rani PDF secara gratis, selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat semuanya.