Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dayah Mabdaul 'Ulum Al-Aziziyah, Salah Satu Penerang Agama di Banda Aceh

Mengenal Dayah Mabdaul 'Ulum Al-Aziziyah Kota Banda Aceh

Alfailmu.com - Dayah adalah Lembaga Pendidikan tertua di Aceh, bahkan di Nusantara. Keberadaan dayah terutama ulama dan santrinya telah begitu berjasa untuk negara dan umatnya, baik dalam perjuangan kemerdekaan maupun dalam mengisi pembangunan pasca kemerdekaan. Setelah merdeka perjalanan dayah banyak mengalami pasang surut dari karena penguasa dari rezim ke rezim yang kurang memberikan perhatian terhadap lembaga ini. Di Aceh pasca tsunami sebagian dayah banyak yang hancur dan teungku dan santri banyak yang jadi syuhada.

dayah mabdaul ulum al-aziziyah
Gambar: Dayah Mabdaul 'Ulum Banda Aceh

Yayasan Pendidikan Islam Mabdaul `Ulum Al-Aziziyah adalah sebuah Lembaga Pendidikan Islam (Dayah) yang berada di Desa Lamteumen Timur. Secara otomatis merupakan korban langsung yang hancur lebur  semua sarana dan prasarana  fisiknya akibat gempa dan tsunami, sama seperti bangunan perumahan milik warga lain yang ada di sekitarnya. Namun Pimpinan dan beberapa Pengurus serta Santri yang belajar pada dayah ini alhamdulillah semuanya selamat, dan sekarang ini YPI Mabdaul ‘Ulum telah kembali membangun dan menjalankan aktivitas keagamaan dengan sarana dan prasarana  yang sangat terbatas.

Posisi YPI Dayah Mabdaul `Ulum Al-Aziziyah yang berada ditengah-tengah masyarakat dengan aktivitasnya mengajarkan ilmu-ilmu agama kepada masyarakat sangat diharapkan dapat menjalankan proses transformasi nilai-nilai agama tersebut secara normal. Oleh karena itu, kondisi fisik sekarang yang sangat-sangat terbatas perlu secepatnya direkonstruksi untuk memenuhi kebutuhan sebuah proses belajar dan mengajar dayah secara normal.

YPI Dayah Mabdaul `Ulum Al-Aziziyah didirikan pada Bulan Rabi'ul Awwal 1424 H, bertepatan pada bulan Juli 2003 M. Desember 2004 tertimpa musibah tsunami. Lima bulan pasca tsunami pimpinan serta pengurus kembali bergerak untuk menjalankan proses belajar mengajar dengan sarana dan prasarana yang serba darurat. Pada tanggal 14 Juni 2007 keberadaan YPI Mabdaul 'Ulum di resmikan oleh Wakil Gubernur Pemerintahan Aceh Muhammad Nazar, S.Ag  dan sejak pendiriannya sampai sekarang Dayah ini masih dipimpin oleh Tgk. H. Muhibban HM. Hajat, S.Sos.I.

Letak Dayah ini di Desa Lamteumen Timur Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Di tanah yang luasnya 2500 m2. adapun sumber pendanaan dayah ini untuk melakukan pembangunan infrastruktur dan operasionalnya dari swadaya masyarakat dan iuran wajib dari wali santri. Memang bila kita lihat dari segi umur dayah ini bisa dikatogerikan muda, namun keberadaannya ini sangat signifikan untuk mendidik anak-anak tentang ilmu agama sebagai landasan aqidah mereka. Santri yang menimba ilmu di YPI Mabdaul ’Ulum berjumlah 150 Orang mereka tidak hanya berasal dari masyarakat Lamteumen Timur dan sekitarnya, tetapi juga ada yang datang dari luar Banda Aceh dan sebagian mereka mondok di dayah sebagaimana yang lazim di dayah-dayah yang lainnya di Aceh.

Lebih dari itu, yang belajar di YPI Dayah Mabdaul ‘Ulum tidak hanya remaja, orang tua atau pun masyarakat dewasa memanfaatkan tempat ini untuk mengkaji dan mendalami ilmu-ilmu agama. Juga menjadikan Teungku pimpinan Dayah sebagai tempat konsultasi agama menjawab masalah-masalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber:
Dokumen Dayah Mabdaul 'Ulum Al-Aziziyah Banda Aceh, Provinsi Aceh

Posting Komentar untuk "Dayah Mabdaul 'Ulum Al-Aziziyah, Salah Satu Penerang Agama di Banda Aceh"