-->

Iklan

5 Kiat dalam Meningkatkan Hafalan bagi Penuntut Ilmu

Alfailmu.com - Dalam postingan tips sebelumnya, penulis telah mengulas beberapa tips agar tidak cepat lupa waktu belajar. Nah, mirip namun tidak sama dengan tulisan sebelumnya, kali ini penulis akan mengutip beberapa kiat dalam meningkatkan hafalan. 

Kiat dalam Meningkatkan Hafalan
Sumber: ruangmuslimah.co

Kiat dalam Meningkatkan Hafalan bagi Penuntut Ilmu

1. Giat dan bersungguh-sungguh

Syeikh Az-Zarnuji dalam kitabnya Ta'lim al-Muta'allim menuliskan bahwa kiat yang paling baik untuk menguatkan hafalan ialah dengan giat dan bersungguh-sungguh. Tidak dapat dipungkiri bahwa giat dan sungguh-sungguh ialah kiat paling utama dalam meningkatkan hafalan dan ilmu. Kedua hal tersebut sebagai pondasi utama untuk menyertakan kiat-kiat yang lain.

Giat dan kesungguhan menjadi modal paling utama dalam meningkatkan hafalan dan ilmu. Bila tidak ada kesungguhan, tentu akan sangat sulit untuk menyertakan kiat-kiat yang lain. Tingkat kesungguhan akan sangat menentukan seberapa baiknya dalam hafalan dan ilmu. Bahkan dengan kesungguhan usia pun tidak menjadi penghalang untuk terus memperoleh ilmu.

Coba lihat bagaimana sosok Ibnu Hajar al-Haitamy, beliau belajar di usianya yang sudah beranjak 40 tahun. Namun, dengan kesungguhan beliau, menjadikan pengarang Kitab Tuhfat al-Muhtaj tersebut sosok yang sangat alim, dikagumi dan sangat masyhur di kalangan para pembesar ulama Syafi'iyah.

2. Jangan banyak makan

Selanjutnya, kiat agar kuat hafalan ialah dengan sedikit kenyang, artinya dengan menyedikitkan makan. Para ulama menjelaskan bahwa sudah fitrah manusia bila banyak makan pasti banyak minum. Seterusnya setelah perut penuh dengan makanan dan minuman, maka perut akan kekurangan ruang untuk angin sehingga membuat sering menguap serta menjadikan ahlinya mengantuk dan malas. 

3. Memperbanyak ibadah sunnah

Kemudian, Shalat sunat pada malam hari, seperti tahajud, membaca Al-Qur'an, dual hal ini disebutkan juga dapat menambah daya ingat dan meningkatkan hafalan. Ada ulama yang berkata bahwa membaca Al-Qur'an dengan melihat Al-Qur'an sangat baik untuk meningkatkan hafalan, dan membaca Al-Qur'an dengan melihat mushaf merupakan amal yang paling baik. Hal ini berdasarkan Sabda Rasulullah SAW:

أفضل أعمال أمتي قراءة القرآن نظرا
Artinya: "Sebaik-baiknya amal umatku adalah membaca al-Qur'an secara melihat mushaf."

Diriwayatkan dari Syidad bin Hakim, beliau pernah melihat temannya yang telah meninggal di dalam mimpi, kemudian beliau pun bertanya kepada temannya, "Amal apa yang paling bermanfaat yang engkau peroleh?". Jawab temannya, "Membaca Al-Qur'an dengan melihat mushaf."

4. Meninggalkan maksiat

Seterusnya, hal yang dapat meningkatkan hafalan serta tidak cepat lupa ialah dengan meninggalkan maksiat kepada Allah SWT. Ini jelas sebagaimana yang telah dinuqilkan dari kalam Imam as-Syafi'i rahimahullahu ta'ala:

شكوت إلى وقيع سوء حفظي، فأرشدني إلى ترك المعاصى فإن الحفظ فضل من إله وفضل إله فضل الله لا يعطى لعاصى
Artinya: "Aku curhat kepada guru ku Waqi' tentang jeleknya hafalanku, maka beliau memberitahu ku agar meninggalkan maksiat, karena hafalan itu merupakan karunia dari tuhan, dan karunia tuhan merupakan karunia dari Allah SWT, dan karunia dari Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat."

5. Bersiwak (gosok gigi), minum madu, dan makan kismis

Hal yang dapat meningkatkan hafalan dan ilmu selanjutnya ialah dengan bersiwak (gosok gigi dengan kayu siwak), minum madu, makan kemenyan dengan gula, makan 21 kismis yang merah setiap hari ketika lapar. Bahkan makan kismis tersebut dapat menjadi obat serta menyembuhkan berbagai penyakit. Terakhir, dengan mengurangi makanan basah yang dapat menimbulkan lendir (dahak) pada tenggorokan. Wallahua'lam bis-shawab

Demikianlah 5 kiat dalam meningkat hafalan bagi para penuntut ilmu. Mari kita amalkan mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat !!

Sumber:
Syeikh az-Zarnuji, Ta'lim al-Muta'allim, (Surabaya: Al-Haramain Jaya, t.th), h. 41.

0 Response To "5 Kiat dalam Meningkatkan Hafalan bagi Penuntut Ilmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel