Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Berkah yang jarang Disadari oleh Manusia

Alfailmu.com - Berkah adalah kata yang diinginkan oleh hampir semua hamba yang beriman kepada Allah, karena keberkahanlah orang akan mendapat limpahan kebaikan dalam hidup. Berkah bukanlah cukup dan mencukupi saja, tapi berkah adalah bertambahnya ketaatan kita kepada Allah dengan segala keadaan, baik berlimpah atau sebaliknya itulah berkah. Dalam redaksi yang lain arti berkah adalah 'زيادة الخير', yang berarti 'bertambahnya kebaikan'.


Hidup yang berkah bukan hanya sehat, tapi kadang sakit itu justru berkah sebagaimana Nabi Aiyub as, sakitnya menambah taatnya kepada Allah. Dan berkah itu tidak selalu panjang umur, ada yang umurnya pendek tapi dahsyat taatnya layaknya Mus'ab bin Umair.

Tanah yang berkah itu bukan karena panorama indahnya tapi tanah yang berkah terkadang tandus seperti Mekkah tapi keutamaannya dihadapan Allah tidak ada yang menandinginya. Makanan berkah itu bukan yang komposisi gizi lengkap tapi makanan itu mampu mendorong yang memakannya menjadi lebih taat setelah makan.

Ilmu yang berkah itu bukan yang banyak riwayat dan catatan kakinya, tapi yang berkah adalah yang mampu menjadikan seorang semakin berakhlaqul karimah (akhlak yang mulia). Penghasilan berkah juga bukan gaji yang banyak dan terus bertambah, tapi sejauh mana dia bisa jadi jalan rezeki bagi yang lainnya dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan kita.

Penghasilan berkah juga bukan gaji yang banyak dan terus bertambah, tapi sejauh mana dia bisa jadi jalan rezeki bagi yang lainnya dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan kita.  Anak-anak yang berkah bukanlah ketika mereka lucu dan imut, tapi anak yang berkah adalah yang senantiasa taat kepada Allah dan kelak diantara mereka tidak henti-hentinya mendoakan kita.

Semoga segala aktivitas kita penuh berkah,  Amin Yaa Rabbal 'Alamin.. (@madalihabsyi)

Posting Komentar untuk "Misteri Berkah yang jarang Disadari oleh Manusia"