Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Matan Jurumiyah PDF, Kitab Nahwu Dasar

Alfailmu.comHai teman-teman para Hunter Kitab PDF, pada artikel kali ini kami akan mengulas sedikit tentang Kitab Matan Jurumiyah (PDF)  dan tentunya tidak lupa kami terakan link download kitab tersebut secara gratis.

kitab matan jurumiyah (متن الأجرومية)
Kitab Matan Jurumiyah Karangan Syeikh Muhammad al-Shanhaji

Kitab Matan Jurumiyah ini merupakan Kitab Nahwu (Gramatika Bahasa Arab) dasar karangan Abu Abdullah, Muhammad bin Muhammad bin Daud al-Shanhaji (w. 723 H), seorang ulama kelahiran Fez, Maroko.

Sebenarnya judul asli kitab ini adalah Matan al-Ajurumiyah, barangkali karena agak susah dalam penyebutannya, maka kemudian para santri mempopulerkan dengan sebutan Jurumiyah saja.

Lantas, sebagai kitab Nahwu dasar apa saja yang dipelajari dalam Kitab Jurumiyah ini? Simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

Pembahasan Kitab Matan Jurumiyah

Kitab Matan Jurumiyah ini membahas seputar ilmu Bahasa Gramatika dasar dalam Bahasa Arab. Di dalam kitab ini kita menjumpai berbagai pembahan Nahwu dasar.

Kitab Jurumiyah disusun secara bab per bab, mulai dari Bab Kalam hingga Bab Mahdzufat al-Asma. Totalnya ada 24 Bab yang ditulis dalam kitab ini.

Disebut sebagai kitab Nahwu Dasar alasannya adalah karena kitab ini disusun dengan bahasa struktur penulisan yang mudah dipahami. Penulisannya yang langsung to the point, membuat Kitab Jurumiyah ini mudah dipahami oleh para santri yang baru belajar.

Bahasanya sederhana, dilengkapi dengan contoh-contoh sederhana pula dalam setiap pembahasannya, menjadikannya kitab Nahwu dasar pilihan yang tepat. Juga pembahasannya yang singkat juga membuat kitab ini harus bisa dihafal oleh santri di beberapa pesantren din Indonesia.

Sebenarnya ada hal yang cukup menarik dengan Kitab Jurumiyah ini. Alkisah disebutkan bahwa Kitab Jurumiyah ditulis oleh Syekh Shanhaji di depan Ka'bah.

Setelah selesai menulisnya, kemudian beliau melemparkannya ke laut sambil berkata "Jika kitab ini dikarang ikhlas karena Allah Ta'ala, maka ia tidak akan basah."

Iya, ajaibnya kitab tersebut tidak basah dan kembali kepada beliau. Buktinya Kitab Jurumiyah ini masih bisa kita lihat dan pelajari hingga sekarang ini.

Untuk lengkapnya, berikut rincian Kitab Matan Jurumiyah Karangan Syekh Muhammad al-Shanhaji!

Judul

: Matan Al-Ajurumiyah

Pengarang

: Abu Abdullah, Muhammad bin Muhammad bin Daud al-Shanhaji

Isi Kandungan

: Nahwu

Bahasa

: Arab

Format File

: PDF

Penerbit

: Dar al-Sumai'i, Arab Saudi

Tahun Terbit

: 1419 H / 1998 M (Cetakan Pertama)

Jumlah Hal

: 50 Halaman

Download Kitab Matan Jurumiyah (PDF)

Untuk mengunduh Kitab Matan Jurumiyah (PDF), silakan klik link download di bawah ini!

Download via G-Drive di SINI

Demikian keterangan dan sedikit ulasan tentang Kitab Matan Jurumiyah karangan Syekh Muhammad Al-Shanhaji (PDF), selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat semuanya.