Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Maulid Barzanji PDF, Kumpulan Zikir Maulid

Alfailmu.com - Hai teman-teman para Hunter Kitab PDF, pada artikel kali ini kami akan mengulas sedikit tentang Kitab Maulid Barzanji (PDF) dan tentunya tidak lupa kami terakan link download kitab tersebut secara gratis.

kitab maulid barzanji (مولد البرزنجي)
Kitab Maulid Barzanji 
Kitab Maulid Barzanji adalah salah satu kitab zikir maulid yang sangat populer di kalangan umat Muslim dunia. Kitab dengan judul asli Aqdul Jauhar fi Maulidin Nabiyil Azhar (Bahasa Arab: عقد الجوهر في مولد النبي الأزهر) ini merupakan kitab karangan Syekh As-Sayyid Ja'far al-Barzanji (w. 1177 H), seorang ulama kelahiran Madinah.

Kitab Aqdul Jauhar memiliki arti 'kalung/ikatan permata', hingga kemudian kitab zikir maulid ini populer dengan nama Maulid Barzanji yang dinisbahkan kepada pengarangnya yaitu Syekh Ja'far al-Barzanji.

Pembahasan Kitab Maulid Barzanji

Sesuai namanya Maulid Barzanji, kitab ini merupakan kitab bacaan zikir maulid yang di dalamnya membahas tentang biografi, garis keturunan dan sejarah hidup Rasulullah Saw yang disusun dengan bahasa syair yang indah.

Di dalam Kitab Barzanji ini kita akan melihat garis keturunan Nabi Muhammad Saw secara terperinci dari ayah beliau Abdullah hingga sampai ke Nabi Ibrahim Alaihissalam. Di sini juga disebutkan bagaimana keadaan lahirnya baginda Nabi Saw yang memancarkan cahaya ke langit, runtuhnya berhala di sekeliling Ka'bah.

Ada banyak kisah dan peristiwa tentang Rasulullah Saw yang Syekh Barzanji sebutkan dalam Kitab Barzanji ini. Meskipun dengan bahasa Syair dan pembahasan yang singkat, tetapi kitab ini sudah dapat mewakili kita untuk mengenal Rasulullah Saw dan merindui sosok Nabi.

Kitab ini sangat populer dan tentunya dibaca oleh banyak umat Islam di berbagai belahan dunia. Bahkan di Provinsi Aceh tempat asal penulis, sebelum populer kitab zikir yang lain, Kitab Maulid Barzanji ini selalu dibaca sepanjang perayaan bulan Maulid dari Rabiul Awal hingga Jumadil Akhir.

Selain pada bulan maulid, Kitab Barzanji juga biasa di baca pada kegiatan aqiqah bayi. Selain itu kitab juga menjadi bacaan santri pada setiap malam Jumat di beberapa pesantren. Alasannya karena di malam atau hari Jumat diperintahkan agar banyak berselawat kepada baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam

Untuk lengkapnya, berikut rincian Kitab Maulid Barzanji!

Judul

: 'Aqd al-Jauhar fi Maulid al-Nabiy al-Azhar (Maulid Al-Barzanji)

Pengarang

: Syekh Ja'far bin Hasan bin Abdul Karim Al-Barzanji

Isi Kandungan

: Zikir Maulid

Bahasa

: Arab

Format File

: PDF

Penerbit

: Maktabah Madinah, Pakistan

Tahun Terbit

: T.th

Jumlah Hal

: 26 Halaman

Download Kitab Maulid Barzanji (PDF)

Untuk mengunduh Kitab Maulid Imam Barzanji (PDF), silakan klik link download di bawah ini!

Download via G-Drive [ Link 1 |  Link 2 | Link 3 | Link 4 ]

Demikian keterangan dan sedikit ulasan tentang Kitab Maulid Barzanji (PDF), selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat semuanya.