Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Matan Safinatun Najah PDF

Alfailmu.com - Hai teman-teman para Hunter Kitab PDF, pada artikel kali ini kami akan mengulas sedikit tentang Kitab Matan Safinatun Najah dan tentunya tidak lupa kami terakan link download kitab tersebut secara gratis.

Kitab Matan Safinatun Najah PDF
Kitab Matan Safinatun Najah
Kitab Safinatun Najah merupakan salah satu kitab fiqih dasar yang paling populer di kalangan santri pondok pesantren di Indonesia. Kitab dengan judul lengkap Matan Safinat Al-Najah fi Ma Yajibu ala Al-'Abd li Mawlah (Bahasa Arab: متن سفينة النجاة في ما يجب على العبد لمولاه) merupakan kitab karangan Syekh Salim bin Sumair al-Hadrami (w. 1271 H), seorang ulama asal Hadramaut, Yaman.

Fakta menariknya adalah Syekh Sumair merupakan seorang ulama kelahiran Yaman, tetapi kemudian hijrah dan menyebarkan ilmunya hingga ke Nusantara dan beliau meninggal pun di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Hingga saat ini maqam beliau terus diziarahi oleh masyarakat baik bari Indonesia sendiri maupun dari luar negeri atau negara tetangga.

Pembahasan Kitab Matan Safinatun Najah

Kitab Safinatun Najah ini merupakan kitab yang hampir secara keseluruhannya membahas materi Fiqih Islam. Kenapa hampir keseluruhan bukannnya seluruh? Karena di awal kitab ini yang dibahas adalah beberapa materi aqidah atau ushuluddin.

Bila kita lihat dari judulnya 'Safinatun Najah', yang memiliki arti 'kapal keselamatan', barangkali pengarangnya, Syekh Sumair berharap siapa saja yang mempelajari kitab ini menjadi selamat dalam ilmu dan pengamalan, khususnya di bidang fiqih.

Kitab Safinatun Najah ini disusun seperti kebanyakan kitab fiqih pada umumnya yang ditulis dengan metode fasal-fasal dan didahului oleh materi ibadah. Lengkapnya ada lebih dari 60 fasal yang disebutkan di dalam kitab ini.

Seperti penjelasan di atas, di awal kitab beberapa fasal menjelaskan seputar materi aqidah, seperti fasal tentang rukun Islam dan Rukun Iman. Selanjutnya baru mulai dibahas materi fiqih yang dimulai dengan fasal tentang tanda-tanda baligh baik laki-laki maupun perempuan, fasal tentang bersuci dan istinja', wudhu hingga berakhir pada masalah puasa.

Sebagai Kitab Fiqih dasar, Kitab Safinatun Najah ini biasanya dipelajari oleh santri-santri pondok pada kelas dasar, seperti Kelas Tajhizi atau Kelas Isti'dad (kelas-kelas persiapan). Isinya yang terhitung sederhana dan sangat mudah dipahami santri, membuat kitab ini menjadi kitab kurikulum yang tepat bagi santri yang baru belajar.

Namun, tidak hanya di Pesantren Kitab Safinatun Najah ini juga diajarkan kepada khalayak masyarakat biasa dalam pengajian-pengajian umum, seperti pengajian muslimat atau pemuda-pemuda. 

Sebagai kitab yang populer dan Kitab Mukhtashar (ringkas, tetapi mendalam), maka Kitab Safinatun Najah ini memiliki banyak Kitab Syarah (penjelas), salah satunya syarahnya adalah Kitab Kasyifatus Saja karangan ulama tersohor Nusantara, Syekh Nawawi Al-Bantani.

Untuk lengkapnya, berikut rincian Kitab Matan Safinatun Najah Karangan Syekh Salim bin Sumair al-Hadrami!

==================================================
Judul : Matan Safinat Al-Najah fi Ma Yajibu ala Al-'Abd li Walah
Pengarang : Syekh Salim bin Sumair al-Hadrami
Isi Kandungan : Fiqih
Bahasa : Arab
Format File : PDF
Penerbit : -
Tahun Terbit : T.th
Jumlah Hal : 78 Halaman
==================================================

Download Kitab Matan Safinatun Najah PDF

Nah, buat teman-teman yang ingin mengunduh Kitab Matan Safinatun Najah PDF, tunggu apa lagi, langsung saja klik link download di bawah ini! Cek it out!

Download via G-Drive [ Link 1 | Link 2 | Link 3 | Link 4 ]

Demikian sedikit ulasan dan link download Kitab Matan Safinatun Najah PDF secara gratis, selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat semuanya.