Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja (PDF)

Kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja (PDF) - Kitab Kasyifatus Saja merupakan salah satu kitab yang karang oleh Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantani al-Jawi, salah seorang ulama kebanggaan Indonesia yang bergelar Sayyid Ulama al-Hijaz, wafat di Mekkah, Arab Saudi.

kitab kasyifus saja syarah safinatun naja

Sebagaimana nama lengkapnya, Kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja ini merupakan syarah (penjelasan) terhadap matan kitab Safinatun an-Naja karangan Syaikh Salim bin Sumair al-Hadhramy, ulama asal Hadramaut, Yaman.

Kitab Kasyifatus Saja secara keseluruhan membahas tentang ilmu fiqih mazhab Syafi’i. Namun, perbedaannya dengan kitab-kitab fiqih lain kitab Kasyifutus saja ini diawali dengan beberapa fasal tentang ilmu tauhid atau aqidah, seperti rukun Iman dan Rukun Islam.

Barangkali penulis kitab Safinatun Naja sebagai kitab asal dalam Sayarahan Kasyifatus Saja bertujuan ingin memperkenalkan santri atau para penuntut ilmu tentang kemantapan bertauhid terlebih dahulu sebelum beribadah.

Kitab Kasyifah as-Saja disusun sesuai dengan bentuk kitab asalnya Safinatun Naja, baik judul, tema, fasal, dan pembahasannya. Karena, yang namanya Kitab syarahan memang harus sesuai dan mengikuti pola penulisan kitab asal.

Meskipun Kitab Kayifatus Saja bukan kitab kurikulum yang dipelajari di hampir seluruh pesantren di Indonesia, tetapi kitab ini tetap merupakan salah kitab fiqih populer yang sering dijadikan santri sebagai bahan kajian dan referensi. 

Sebagai kitab syarahan, di dalam Kitab Kasyifatus Saja ini Syeikh Nawawi Al-Bantani menjelaskan secara panjang lebar berbagai permasalahan fiqih secara tematik, mudah dipahami dan dikaji secara mendalam.

Oleh karena itu, tentu tidak mengherankan bila kita akan menemukan berbagai masalah unik dalam perspektif fiqih dan telah dipecahkan dalam Kitab Kasyifatus Saja ini. Sebut saja dalam dalam ‘Bab Mandi’, oleh Syeikh Nawawi mengulas hukum orang mayit yang diperkosa, dimandikan ulang atau tidak, dan lain-lain.

Sekalipun kitab ini terhitung salah kitab fiqih populer di kalangan pesantren, bagi santri yang mempelajari fiqih secara menyeluruh, Kitab Kasyifatus Saja ini saja belum cukup. Alasannya, karena kitab ini tidak membahas secara meyeluruh furu’ (bagian isi) dari ilmu fiqih. 

Kitab Kasyifatus Saja sebagaimana kitab asalnya Safinatun Naja ini, hanya berfokus pada ibadah, seperti thaharah (bersuci), wudhu, shalat, dan puasa. Sedangkan furu’ ibadah lain seperti haji dan zakat tidak disebutkan dalam kitab syarahan ini.

Begitu pula dalam kitab Kasyifatus Saja ini, furu’ fiqih seperti fiqih munakahat, jinayat dan siyasah tidak disebutkan dalam kitab ini. Barangkali menurut penulis karena alasan inilah, Kitab Kasyifatus Saja tidak dijadikan kitab Kurikulum di berbagai pesantren.

Kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja (PDF)

Oleh karena itu, santri biasa mempelajri ilmu fiqih di kelas dengan menggunakan kitab lain secara bertahap, seperti Matan Ghayah wa al-Taqrib karangan Abi Suja’ pada kelas dasar, Fathul Qarib, Fathul Mu’in, Al-Mahally, dan lain-lain di kelas berikutnya.

Alhasil, secara umum kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja ini tetap menjadi salah kitab rekomendasi untuk mempelajari ilmu fiqih, tepatnya sebagai bahan rujukan dan referensi dalam menuntaskan berbagai masalah fiqih, khususnya untuk bagian fiqih ibadah dan ushuluddin.

Untuk lengkapnya, berikut rincian Kitab Kasyifat al-Saja Syarah Safinat al-Naja!

Judul : Kasyifat al-Saja Syarah Safinat al-Naja
Pengarang       : Syeikh Muhammad Nawawi Al-Jawi Al-Bantani
Isi kandungan : Fiqh
Format file      : PDF
Penerbit           : Dar Ibn Hazm
Tahun Terbit    : 2011

Download Kitab Kasyifatus Saja Syarh Safinatun Naja

Untuk download Kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja (PDF), silakan klik link di bawah ini!

Unduh Kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja (PDF) [Download]

Demikian keterangan dan sedikit ulasan tentang Kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja (PDF), selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat semuanya.

Posting Komentar untuk "Download Kitab Kasyifatus Saja Syarah Safinatun Naja (PDF)"