Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Tangisan Bayi Menurut Pandangan Ulama

Alfailmu.com - Mungkin banyak orang tua yang belum tau manfaat dari tangisan bayi atau anak kecil sehingga orang tua merasa khawatir jika anaknya menangis terus-terusan.

Manfaat Tangisan Bayi Menurut Pandangan Ulama
 Manfaat Tangisan Bayi Menurut Pandangan Ulama 

Nah, Ternyata tangisan anak mempunyai manfaat yang belum banyak diketahui. Karenanya, membiarkan si bayi meluapkan emosinya dengan menangis memiliki manfaat tersendiri.

Secara dunia kesehatan banyak para pakar dan studi yang telah menyebutkan tentang manfaat tangisan bayi, kita bisa menemukannya di banyak artikel. Namun, dalam dunia kesehatan Islam, para ulama dalam kitab-kitabnya punya pandangan tersendiri terkait dengan tangisan bayi ini.

Lantas, bagaimana pandangan pakar muslim atau ulama tentang tangisan bayi ini? Sayyid Abdullah Syubar dalam kitabnya yang berjudul Thibb al-Aimmah menjelaskan tentang manfaat dari tangisan bayi, katanya:

واعلم ان في ادمغة الأطفال رطوبة ان بقيت فيها احدثت عليهم احداثا جليلة وعللا عظيمه من ذهاب البصر وغيره. فالبكاء يسيل تلك الرطوبة من روءسهم فيعقبهم ذلك الصحة في ابدانهم والسلامة في ابصارهم 

Ketahuilah bahwa di dalam otak anak kecil terdapat cairan yang mana jika cairan tersebut masih tetap berada di otak maka akan terjadi hal baru dan penyakit yang besar seperti hilangnya penglihatan dan lainnya.

Maka menangis termasuk cara mengalirkan cairan tersebut dari kepala mereka sehingga badan mereka jadi sehat dan penglihatan mereka juga selamat

Nah, di sini hal pertama yang kita ketahui dari manfaat tangisan bayi adalah bahwa menangis pada bayi dapat mengalirkan cairan berbahaya dari otak bayi atau anak kecil.

Sehingga dengan menangis telah menjauhkan si bayi dari penyakit berbahaya dan dapat melindungi mata anak-anak dari kerusakan pada penglihatan serta tetap menjaga kesehatan badan.

Menariknya lagi bukan hanya air mata yang keluar saat menangis, Sayyid Abdullah Syubar juga menjelaskan bahwa air liur yang keluar dari mulut anak-anak atau bayu juga mempunyai manfaat:

فاما ما يسيل من أفواه من الريق ففي ذلك خروج الرطوبة التي لو بقيت في ابدانهم لاحدثت عليهم الامور العظيمة

Adapun yang mengalir dari mulut anak kecil yang berupa ludah, maka yang demikian itu termasuk dari keluarnya cairan yang mana jika cairan tersebut menetap diotak mereka maka dipastikan akan terjadi penyakit-penyakit yang berbahaya

Oleh karena itu, bapak/ibu para orang tua tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi bayi atau anak kecil yang menangis karena ada manfaatnya tersendiri.

Namun, bila si bayi menangis karena faktor eksternal karena sakit dan luka atau lainnya, maka tentu hal ini perlu ditangani dengan serius, Wallahua'lam. Semoga bermanfaat


Sumber:
Dikutip dari Kitab Thibb al-Aimmah, Juz 1 hal 31-32 karya Sayyid Abdullah Syubar, disunting.

Posting Komentar untuk " Manfaat Tangisan Bayi Menurut Pandangan Ulama "