Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekuatan Hafalan Imam Syafi'i Saat Masih Kecil

Alfailmu.com - Diceritakan oleh AI-Quthub Al-Imam Ahmad bin Hasan Al-Attas bahwa perkenalan Imam Malik bin Anas dengan Imam Syafi'i bermula ketika Imam Syafi'i menghadiri majelis Imam Malik bin Anas di Madinah, beliau duduk di paling belakang. 

Kekuatan Hafalan Imam Syafi'i Saat Masih Kecil
     Foto: lbm.mudimesra.com

Saat itu Imam Malik sedang mendiktekan 1 hadis, dan beliau melihat Imam Syafi'i sedang sibuk menulis hadis yang didiktekan dirinya dengan jari-jarinya (bukan dengan  tinta) ke telapak tangannya.

Imam Malik yang terkenal sangat memuliakan hadis Rasulullah Saw sehingga beliau akan memarahi orang yang berlaku tidak adab ketika dibacakan hadis Rasulullah lalu beliau memanggil Imam Syafi'i. Setelah menanyakan nama dan tempat asalnya, Imam Malik bertanya:

"Aku melihat engkau bermain-main dengan telapak tanganmu ketika hadis Rasulullah sedang dibacakan."

Imam Syafi'i yang kala itu masih berusia belasan tahun menjawab:
"Tidak guru, tadi aku menulis 18 hadis yang engkau diktekan dengan jariku ke telapak tanganku. Jika engkau berkenan, aku akan membacakan ke-18 hadis yang engkau diktekan tadi."

Imam Syafi'i lalu mendiktekan 18 hadis tersebut. Imam Malik takjub dan berkata:
"Wahai Muhammad (nama Imam Syafi'i), bersyukurlah kepada Allah. Sungguh engkau akan menjadi  orang Alim." Maka di kemudian  hari terbuktilah apa yang dikatakan Imam  Malik ini. (@sahabat.aswaja)