-->

Iklan

Download Kitab Nihayatuz Zain Karangan Syeikh Nawawi Al-Jawi (PDF)

Alfailmu.com - Kitab dengan nama lengkap Nihayatuz Zain fi Irsyad al-Mubtadi-in (dalam Bahasa Arab: نِهَايَةُ الزَّيْن فٍي إِرشَادِ المُبْتَدٍئِين) merupakan salah satu Kitab Fiqih Madzhab Syafi’i yang cukup populer, khususnya di Nusantara. Kitab Fiqih ini biasa dijadikan sebagai rujukan dalam menjawab berbagai permasalahan fiqih baik di pesantren maupun di kalangan masyarakat di Indonesia.

Download Kitab Nihayatuz Zain Karangan Syeikh Nawawi Al-Jawi (PDF)

Pula kitab karangan ulama tersohor nusantara, Syeikh Muhammad Nawawi Al-Bantani Al-Jawi ini sering dijadikan sebagai sumber/referensi dalam berbagai mubahatsah atau tanya jawab para Ulama Ahlussunnah wal Jama’ah di tanah air. Kitab ini juga menjadi populer sebagai salah satu kitab yang diajarkan di luar kurikulum di pesantren-pesantren. Kitab ini biasa pula digunakan sebagai kitab yang diajarkan oleh Kyai Besar (ulama) kepada para dewan guru.

Kitab Nihayatuz Zain ini bukanlah kita dasar, melainkan kitab ini merupakan salah satu kitab Syarah dari Kitab Qurratul ‘Ain karangan Syeikh Zainuddin al-Malibari. Para santri memang lebih mengenal dan dekat dengan Kitab Qurratul ‘Ain, karena mereka biasa mengaji kitab tersebut di kelas. Hampir seluruh santri salafiyah di Indonesia mengaji kitab ini, tepatnya Syarahannya yaitu Kitab Fathul Mu’in.

Dibandingkan dengan Fathul Mu’in, jumlah halaman Kitab Nihayatuz Zain ini sedikit lebih banyak sehingga orang menggolongkan kitab ini sebagai kitab “syarah mutawassith” (pertengahan).

Nama lengkap kitab ini sebagaimana tertulis pada gambar postingan di atas adalah “نِهَايَةُ الزَّيْن فٍي إِرشَادِ المُبْتَدٍئِين”. Bila kita melihat arti per katanya, maka lafal “نِهَايَةُ” memiliki arti puncak/ujung sesuatu, dan “الزَّيْن”, berarti hiasan. Sementara kata “إِرشَادِ” berarti petunjuk atau arahan, dan “المُبْتَدٍئِين” bermakna para pemula.

Jadi, dengan judul ini seakan-akan pengarang berharap kitabnya dapat memberikan arahan (menunjuki) para pemula dengan bentuknya yang paling indah dalam belajar ilmu fiqih.

Kitab Nihayatu Az-Zain ditulis Syaikh Nawawi al-Jawi dengan lafal yang singkat, bahasa yang lumayan mudah dipahami dan padat isi. Sebagai kitab syarahan, daftar isinya pun mengikuti susunan dalam Kitab Qurratu al-‘Ain, yaitu diawali bab shalat dan diakhiri bab pembebasan budak.

Kitab Nihayatuz Zain ini telah dicetak oleh beberapa penerbit ternama dunia dengan jumlah halaman yang sedikit berbeda-beda. Pula dalam beberapa penerbit, kitab ini telah ditahqiq. Nah, pada tulisan ini, penulis memberikan link download Kitab Nihayatuz Zain terbitan Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah (DKI), Beirut, Libanon yang telah ditahqiq oleh Abdullah Mahmud Muhammad Umar.

Kitab Nihayatuz Zain Karangan Syeikh Nawawi Al-Jawi

Judul  : Nihayat al-Zain fi Irsyad al-Mubtadi-in
Pengarang       : Syeikh Muhammad Nawawi Al-Jawi
Isi kandungan : Fiqh
Format file      : PDF
Penerbit           : DKI, Beirut, Libanon
Tahun Terbit    : 2002 (Terbitan Pertama)

Untuk mengunduh kitab silakan klik tombol download di bawah ini !

Download Kitab Nihayatuz Zain Karangan Syeikh Nawawi Al-Jawi (PDF)

kitab nihayatuz zain

Demikian Kitab Nihayatuz Zain Karangan Syeikh Nawawi Al-Jawi, selamat mendownload dan semoga bermanfaat buat semuanya.

0 Response To "Download Kitab Nihayatuz Zain Karangan Syeikh Nawawi Al-Jawi (PDF)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel