Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hal yang Mesti Diperhatikan Wanita dalam Berpakaian

Alfailmu.com - Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan perempuan dalam berpakaian. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan bentuk fisik perempuan dengan laki-laki secara fitrah penciptaan. Oleh karena itu, aurat perempuan berbeda dengan aurat laki-laki. Sehingga berbeda pula dalam bentuk penggunaan pakaian.

pakaian wanita muslimah

3 Hal yang Mesti Diperhatikan Wanita dalam Berpakaian

Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan seorang wanita dalam berpakaian? Pakaian seperti apa yang seharusnya mereka kenakan?

Syeikh Mutawalli As-Sya'rawi, seorang ulama dari Mesir menjelaskan setidaknya pakaian wanita yang harus diperhatikan adalah tidak membuka dan menggambarkan bentuk aurat, serta juga tidak berlebihan dalam bersolek. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tidak membuka Aurat

Syarat pakaian pertama yang harus diperhatikan perempuan adalah tidak membuka aurat. Seorang wanita muslim wajib menggunakan pakaian yang menutup aurat.

Penulis kira semua perempuan muslim telah maklum batasan-batasan auratnya, bukan? Yaitu seluruh tubuh kecuali muka dan dua telapak tangan. Walaupun ada ulama yang berpendapat aurat perempuan di luar shalat seluruh tubuh, bahkan muka dan telapak tangan. Namun, kita tidak membahas ikhtilaf (perbedaan) pendapat tersebut di sini.

Oleh karena itu, perempuan harus memilih pakaian-pakaian yang menutup atau melewati batas aurat tersebut. Karena karena berdosa menampakkan aurat juga bisa mengundang nafsu dari para buaya darat, lhoe.

2. Tidak menggambarkan bentuk Aurat

Kedua, pakaian wanita tidak boleh ketat hingga terlihat membungkus seluruh tubuhnya. Terkadang pakaian atau hijab perempuan tidak terbuka, tetapi ketat dan melekat di tubuh, nampak belahan dada dan sebagainya. Apa itu? Iya Jilboobs yang belakangan viral di Indonesia. 

Walaupun sudah menutup aurat, pakaian menggambarkan bentuk tubuh tersebut dilarang dikenakan oleh seorang wanita muslimah. Maka, pakaian wanita menurut syariat adalah tidak terbuka, tidak menggambarkan bentuk likuk tubuh.

3. Jangan berlebihan dalam bersolek

Ketiga, dalam berpakaian wanita perlu memperhatikan supaya tidak berlebihan dan menggoda pandangan. Karena itu terdapat ungkapan sastra yang mengatakan:

مَبَالَغة المرأة في تَبَرَّجِها إِلْحَاح منها في عَرْض نَفْسِها على الرَجُل 

“Wanita berlebihan dalam bersolek, berarti dia bersikukuh mengajukan diri nya pada lelaki”. 

Kenapa perlu menggoda pandangan? Bisa saja ada perempuan yang menjawab, "Bisa saja itu agar dinikahi". Lalu kalau sudah menikah alasan apa untuk masih berpakaian demikian? Agar mereka lebih mudah dikenali?

Ketika wanita-wanita Nabi ﷺ, anak perempuan, wanita mukmin memakai pakaian panjang, maka akan diketahui bahwa mereka bukan bagian golongan yang rendahan. Tidak akan ada yang mengganggu. Namun, ketika ada perempuan yang berpakaian menggoda, maka mereka tahu bahwa ini rendahan. 

Oleh karena itu, untuk para wanita muslim jangan terlalu berlebihan dalam bersolek dan berpakaian, supaya orang tidak menyangkamu dari dari wanita yang mengajukan dirinya dengan membangkitkan syahwat dan menggoda. Sehingga pakaian yang baik, akan menghindarkan wanita dari fitnah dan godaan laki-laki hidung belang.

Nah, itu dia 3 hal yang mesti diperhatikan wanita dalam berpakaian. Untuk para perempuan silakan langsung diamalkan dah, atau barangkali untuk para suami yang istrinya masih bandel dalam berpakaian, ajari mereka cara berpakaian yang baik dan benar menurut Syariat Islam. (syeikh mutawalli as-sya'rawi, @sanad_media)

Posting Komentar untuk "3 Hal yang Mesti Diperhatikan Wanita dalam Berpakaian"